Tuesday, October 26Lembata News and Views

Sekda Tapobali,honor Bupati sesuai SK 79 Tahun 2021

Lewoleba,Fajarpedia.com|Gonjang ganjing soal besaran honor bupat Lembata,sempat menjadi viral pada awal tahun 2021.

Besaran honor ini pun kembali menjadi topik diskusi dimedia sosial pasca kematian almahrum Bupati Lembata,Eliazer Yentji Sunur.

Hal ini ketika disampaikan oleh PLT Bupati Lembata,Thomas Ola Langoday ketika bertemu dengan eleman masyarakat Lembata di eks rumah jabatan bupati Lembata Rabu 04 Agustus 2021 lalu.
Dalam kesempatan tersebut PLT Bupati,Thomas Ola mengatakan akan menolak honor 408 juta untuk bupati.

Pernyataan PLT Bupati tersebut membuat Sekretaris Partai Golkar Lembata,Petrus Bala Wukak geram dan meminta Sekretaris daerah Lembata,Paskalis Ola Tapobali untuk segera mengklarifikasi ke media.
Masih menurut Piter,bahwa pernyataan PLT Bupati berpotensi memfitnah almahrum Bupati Yance dan keluarga besarnya,karena faktanya almahrum Bupati Yance menerima 68 an juta,setelah dipotong pajak.

Sekretaris daerah kabupaten Lembata,Paskalis Ola Tapobali M.AP yang dikonfirmasi Fajarpedia.com melalui whatsaap menjelaskan bahwa dasar yang dipakai membayar honor kepala daerah adalah SK 79 Tahun 2021 tentang Perubahan atas lampiran atas SK Nomor 331 tahun 2020 tentang SBK TA 2021.

Mantan Kepala dinas Pekerjaan Umum menjelaskan bahwa kalau soal honor, besaran yang diketahui publik selama ini, itu merupakan angka-angka yang kita pakai saat menyusun dan menetapkan APBD 2021.Itu diatur dalam SK Bupati nomor 331 Tahun 2020.

Masih menurut Paskalis bahwa ketika menuai polemik ditengah masyarakat maka kami melakukan konsultasi secara langsung dengan APIP Provinsi,BPKP dan kementrian Dalam Negeri.

Berdasarkan hasil konsultasi tersebut kemudian BPKP mengeluarkan surat penyampaian hasil konsultasi kepada Bupati.Selanjutnya, Bupati meminta kami untuk melakukan kajian kembali bersama APIP kabupaten,dari hasil hasil kajian tersebut maka munculah Surat Keputusan 79 Tahun 2021 sebagai perubahan terhadap Keputusan 331Tahun 2020.

Sesuai SK 79/2021, besaran sudah berubah jauh lebih rendah. Angka yg ditetapkan untuk Bupati adalah 80.500.000 rupiah.Dan dipotong pajak sehingga Bupati menerima honor sebesar 68.425.000 rupiah.Jadi tidak benar honor untuk Bupati Lembata sebesar 408 juta rupiah seperti yang dipolemikan selama ini,tegas Paskalis.(Asten Kares)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *