Thursday, September 16Lembata News and Views

Unik, 49 Orang Terpapar Covid di Lapas!

Pemeriksaan Swap Antigen penghuni Lapas Kelas III Lembata (Foto: LA)

LEWOLEBA-LEMBATA. Kawasan yang begitu tertutup dan dijaga ketat agar penghuninya tidak dapat keluar dari areal sebagaimana yang terjadi di Lapas Kelas III Lembata, telah menjadi cluster baru Covid-19 di sana. Hal itu terbukti setelah petugas dari RSUD Lewoleba melakukan pemeriksaan kesehatan khususnya Swap Antigen kepada 64 orang nara pidana, 9 orang tahanan dan 43 orang pegawai. Hasil pemeriksaaan itu menyebutkan, 40 orang Narapidana, 5 orang tahanan dan 4 orang pegawai terpapar.

Pemeriksaan ini sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan salah seorang narapidana pidana seumur yang saat ini sedang menjalani isolasi di RSUD Lewoleba an. Vinsen Wadu. Ia melakukan pemeriksaan kesehatan untuk kepentingan pengusulan remisi perubahan pidana pada hari Jumat tanggal 30 April 2021. Hasil rapid antigen yang bersangkutan terkonfirmasi terpapar Covid-19.

Berdasarkan temuan tersebut maka pihak Lapas berkoordinasi dengan RSUD Lewoleba, Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, Satgas Covid-19 dan Puskesmas Lewoleba untuk melakukan pemeriksaaan secara menyeluruh kepada semua warga binaan dan petugas. Pihak Lapas juga sudah mengambil langkah dari hasil pemeriksaan tersebut dengan memindahkan narapidana dan tahanan yang terpapar Covid-19 ke Kamar Isolasi. Sedangkan untuk keempat orang pegawai telah diarahkan untuk melakukan Isolasi mandiri selama 10 hari sambil menunggu jadwal pemeriksaan selanjutnya.

Dari Satgas Covid-19 juga telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh kamar hunian dan ruangan sarana pransarana lainnya. Selain langkah pemisahan kamar hunian bagi yang terpapar Covid-19 pihak Lapas juga melakukan pemantauan kesehatan harian dengan lebih intensif, pemberian suplemen kesehatan dan vitamin, pembagian masker ekstra, pemberian makanan dan minuman ekstra untuk penambah daya tahan tubuh dan lain sebagainya. (AK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *